Riau Biru

  • Breaking News

    61 titik hotspot dengan tingkat kepercayaan lebih dari 30 persen terdeteksi di Provinsi Riau dalam 24 jam terakhir (LAPAN, 20 Maret 2019 pukul 14.15) --- Sekitar 30 hektar lahan terbakar di sebuah lahan perusahaan di Indragiri Hulu (Go Riau, 20 Maret 2019 pukul 12.30)

    Peta Hotspot Kawasan Bukit Batu-Bandar Laksamana dan Sekitarnya Pada 1 - 7 Maret 2019


    Berdasarkan hasil pengamatan Riau Biru, hanya satu titik panas yang tercatat di wilayah Bukit Batu dan Bandar Laksamana. Titik tersebut terdeteksi oleh satelit Aqua di wilayah Desa Dompas pada tanggal 1 Maret 2019 dengan tingkat kepercayaan (level of conficence) 40% dan suhu kecerahan 318,7 Kelvin. Berdasarkan hasil konfirmasi dengan sekretaris desa sekaligus pembina MPA setempat tidak ada kebakaran lahan di wilayahnya pada waktu yang tercatat tersebut. 

    Jumlah titik api menurun signifikan di wilayah dengan jumlah titik panas yang sangat besar pada periode-periode sebelumya, yakni: Rupat dan Dumai. Kedua wilayah tersebut hanya mencatatkan lima titik api dengan rentang tingkat kepercayaan 38 - 83 %. Keadaan yang mengkhawatirkan justru terjadi di pulau-pulau gambut di pesisir Provinsi Riau (Bengkalis, Tebingtinggi, dan Rangsang) yang menunjukkan kenaikan tajam jumlah titik panas dibanding bulan lalu. Riau Biru mencatat terdapat hampir 60 titik api di ketiga pulau tersebut dalam tujuh hari terakhir yang banyak diantaranya memiliki tingkat kepercayaan menyentuh 100%.

    Data diatas diperoleh dari satelit Terra-Aqua Modis Lance C6 dengan melihat sebaran titik panas dengan confidence level ≥ 30% dan nilai suhu kecerahan ≥ 300 Kelvin di kawasan Bukit Batu - Bandar Laksamana dan sekitarnya pada rentang waktu dari hari Jumat tanggal 1 Maret 2019 hingga Kamis tanggal 7 Maret 2019.

    Devindra Oktaviano 
    devin.oktaviano@outlook.com

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad