Riau Biru

  • Breaking News

    Riau bebas titik api dalam 24 jam terakhir (LAPAN, 17 Mei 2019, data pukul 13.15 WIB) --- 11 stasiun ISPU KLHK di Provinsi Riau seluruhnya tunjukkan kualitas udara berada pada level hijau/sangat sehat (data tanggal 17 Mei 2019)

    Peta Hotspot Kawasan Bukit Batu-Bandar Laksamana dan Sekitarnya Pada 8 - 21 Maret 2019


    Riau Biru mencatat dalam dua minggu terakhir tercatat kenaikan jumlah titik panas di kawasan Bukit Batu dan sekitarnya. Kebakaran lahan bahkan sempat terjadi di Desa Sepahat pada 12 Maret lalu yang menghanguskan sekitar 2 hektar perkebunan meskipun tampaknya tidak terdeteksi oleh satelit Aqua maupun Terra. 


    Berdasarkan tampilan peta di atas dapat diketahui terdapat 7 titik panas di wilayah Bukit Batu dan Bandar Laksamana dan 4 diantaranya berada di desa-desa intervensi program WWF dan PSB (Tenggayun dan Dompas). Tidak ada informasi kebakaran dari kedua desa tersebut baik yang berasal dari konfimasi pihak desa setempat maupun dari temuan tim di lapangan. Tingkat kepercayaan (confidence level) dari ketujuh titik tersebut juga relatif kecil yakni berkisar antara 40-59% yang terdeteksi pada rentang tanggal 17-20 Maret.

    Wilayah di sekitar kedua kecamatan tersebut bahkan Riau secara umum kembali berada pada keadaan yang mengkhawatirkan seperti pada awal Februari lalu setelah ratusan titik api terdeteksi yang tersebar di seluruh pesisir Riau. Kebakaran besar merebak di sejumlah kabupaten, yaitu: Kepulauan Meranti, Rokan Hilir, Bengkalis, Indragiri Hulu, dan Kota Dumai. Kondisi ini telah berdampak pada buruknya kualitas udara di Provinsi Riau yang mana berdasarkan pantauan Riau Biru melalui data ISPU KLHK, hingga Rabu siang parameter PM10 menunjukkan kualitas sedang hingga berbahaya. Kota Pekanbaru sendiri sempat berkabut asap tipis sebelum hujan deras melanda mulai Rabu siang hingga Kamis malam dan mengembalikan kualitas udara menjadi baik kembali.

    Data diatas diperoleh dari satelit Terra-Aqua Modis Lance C6 dengan melihat sebaran titik panas dengan confidence level ≥ 30% dan nilai suhu kecerahan ≥ 300 Kelvin di kawasan Bukit Batu - Bandar Laksamana dan sekitarnya pada rentang waktu dari hari Jumat tanggal 1 Maret 2019 hingga Kamis tanggal 7 Maret 2019.

    Devindra Oktaviano 
    devin.oktaviano@outlook.com

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad