Riau Biru

  • Breaking News

    Riau bebas titik api dalam 24 jam terakhir (LAPAN, 17 Mei 2019, data pukul 13.15 WIB) --- 11 stasiun ISPU KLHK di Provinsi Riau seluruhnya tunjukkan kualitas udara berada pada level hijau/sangat sehat (data tanggal 17 Mei 2019)

    Peta Hotspot Kawasan Bukit Batu-Bandar Laksamana dan Sekitarnya Pada 22-28 Februari 2019


    Sebaran titik api yang terdeteksi di wilayah Kecamatan Bukit Batu dan Kecamatan Bandar Laksamana dalam seminggu terakhir masih sama seperti periode sebelumnya yang mayoritas berada di Desa Bukit Kerikil dan sekitarnya. Terdapat 13 titik api di daerah tersebut yang terdeteksi muncul dalam rentang tanggal 25-28 Februari ini dengan mayoritas nilai tingkat kepercayaan (confidence level) berkisar antara 50-80%. Satu titik panas lainnya terdeteksi di Desa Bukit Batu dengan tingkat kepercayaan sebesar 39%, suhu kecerahan 314 K yang ditangkap oleh satelit Terra pada tanggal 22 Februari.

    Di Desa Dompas pada tanggal 22 Februari 2019 satelit Terra mendeteksi satu titik api dengan tingkat kepercayaan 58% dan nilai suhu kecerahan 311 Kelvin. Berdasarkan hasil konfirmasi dengan Ketua MPA setempat, sebuah kebakaran kecil memang terjadi pada tanggal tersebut namun titik lokasinya sedikit bergeser dari yang dipetakan oleh satelit yakni berada di Jalan Stadion yang berlokasi dekat dari jalan lintas Sungai Pakning. Pihak desa dan masyarakat dengan sangat cepat dapat memadamkan kebakaran tersebut sehingga api tidak meluas.

    Jumlah titik api yang besar di kawasan sekitar tampak terdeteksi di Kota Dumai yang diperkirakan berada di kelurahan Pelintung dan Teluk Makmur. Sementara itu di masih banyak tersebar titik api di Kecamatan Rupat seiring dengan kebakaran besar yang dimulai pada periode lalu.

    Data diatas diperoleh dari satelit Terra-Aqua Modis Lance C6 dengan melihat sebaran titik panas dengan confidence level ≥ 30% dan nilai suhu kecerahan ≥ 300 Kelvin di kawasan Bukit Batu - Bandar Laksamana dan sekitarnya pada rentang waktu dari hari Jumat tanggal 22 Februari hingga Kamis tanggal 28 Februari.

    Devindra Oktaviano 
    devin.oktaviano@outlook.com

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad