Riau Biru

  • Breaking News

    61 titik hotspot dengan tingkat kepercayaan lebih dari 30 persen terdeteksi di Provinsi Riau dalam 24 jam terakhir (LAPAN, 20 Maret 2019 pukul 14.15) --- Sekitar 30 hektar lahan terbakar di sebuah lahan perusahaan di Indragiri Hulu (Go Riau, 20 Maret 2019 pukul 12.30)

    WWF Sosialisasikan Profil dan Patroli MPA Melalui Video Dokumenter


    SUNGAI PAKNING (23/02) - Penggunaan media audio-visual dalam sosialisasi dan promosi suatu kegiatan menjadi krusial dalam era informasi dan teknologi saat ini. WWF Indonesia selaku mitra masyarakat dan pemerintah menyadari nilai signifikan dari jenis media tersebut untuk mengkomunikasikan usaha pencegahan kebakaran hutan dan lahan di berbagai desa target programnya.

    Oleh karena itu, pada November lalu, dua bulan setelah kunjungan silahturahmi ke Desa Sepahat WWF merilis sebuah video dokumenter tentang profil dan kerja Masyarakat Peduli Api (MPA) gabungan Desa Sepahat dan Desa Tanjung Leban, Kabupaten Bengkalis - Provinsi Riau. Video dokumenter tersebut baru mulai ditampilkan ke publik pada Februari ini melalui situs riaubiru.com

    Proses pengambilan adegan di lapangan dilakukan selama dua hari yang mengambil tempat di kantor kepala Desa Sepahat, kantor MPA Desa Sepahat, dan di sebuah lahan terlantar seluas 2500 hektar yang juga berlokasi di Desa Sepahat. Adegan dalam video diantaranya terdiri atas kegiatan administratif di  kantor MPA, patroli rutin, aksi tanggap atas informasi kebakaran, koordinasi persiapan pemadaman, proses pemadaman kebakaran, dan diskusi dengan kepala desa.

    Salah satu adegan pemadaman kebakaran lahan dalam video patroli MPA oleh WWF. Foto: WWF Indonesia
    Pembuatan video tersebut merupakan bagian dari program penguatan kapasitas MPA yang dicanangkan WWF bersama mitra hingga Mei 2019. Regu MPA gabungan Sepahat - Tanjung Leban dianggap memiliki kapabilitas paling baik di wilayah Bukit Batu-Bandar Laksamana dalam mengemban fungsi preventif karhutla. Regu tersebut memiliki kantor operasionalnya sendiri dan telah mendapatkan bantuan pembinaan dari berbagai pihak.

    WWF Indonesia berharap dokumentasi ini mampu meningkatkan pemahaman publik atas kondisi dan tupoksi Masyarakat Peduli Api. Video ini sendiri sudah bisa disaksikan di beranda situs Riau Biru atau dengan mengklik tautan berikut ini: Video Profil dan Patroli MPA

    Devindra Oktaviano 
    devin.oktaviano@outlook.com

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad